Like us on Facebook

Rabu, 12 Januari 2011

Hadi Yanuar

Mengenal Hosting dan Domain

Website adalah sebuah kumpulan halaman web yang biasanya berisi informasi yang diperuntukkan kepada masyarakat umum maupun khusus. Nah, sebelum kita membangun sebuah website, haruslah kita mengenal apa yang dinamakan Hosting dan Domain yang merupakan sebuah bagian penting untuk membangun sebuah website. Berikut merupakan sebuah pengertian kecil yang dapat memberikan gambaran kepada anda apa itu Hosting dan Domain.

Hosting

Hosting merupakan tempat dimana kita dapat menyimpan sebuah karya atau info yang bisa berupa tulisan, gambar, video, dan lain-lain namun secara online. Jadi bila di ibaratkan saat kita mnjalankan komputer seperti biasa, Hosting adalah sebuah Hardisk dan jika adalah seorang pengusaha real life, Hosting merupakan Toko yang digunakan oleh anda untuk berjual beli maupun menyimpan barang. Jadi, hosting merupakan fasilitas anda untuk menyimpan file secara online. Untuk mendapatkan sebuah Hosting, sekarang anda pun tak perlu repot-repot. Karena anda bisa mempercayakan ini pada salah satu hosting Indonesia yang sedang populer saat ini yaitu, Jagoan Hosting Indonesia.

Domain
Ok, setelah mengenal apa itu Hosting. Kita sekarang membahas tentang domain. Domain adalah nama atau alamat yang digunakan untuk mempermudah kita pergi ke website yang dibuat oleh anda. Biasanya, nama domain berakhiran dengan .com, .net, .id, .org, dll. Misalkan saja domain milik Jagoan Hosting Indonesia yaitu http://www.jagoanhosting.com/. Cukup tulis itu pada baris URL browser anda setelah itu tekan Enter. Anda akan pergi ke Website milik Jagoan Hosting Indonesia dengan segera.


Ada juga domain yang termasuk dalam kategori Global Top Level Domain (gTLD) yang dikelola oleh organisasi internasional bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah :
  1. .com (dot comercial) : untuk organisasi/ perusahaan yang bersifat komersial
  2. .net (dot network) : untuk jaringan/ penyedia jasa internet
  3. .org (dot organization) : untuk organisasi yang bersifat non komersial
  4. .edu (dot education) : untuk lembaga pendidikan
  5. .gov (dot goverment) : untuk lembaga dan instansi pemerintahan
  6. .info (dot information) : untuk informasi bebas
  7. .mil (dot military) : untuk badan kemiliteran Amerika Serikat
  8. .int (dot international) : untuk organisasi yang bersifat internasional

Domain diatas adalah domain yang sering digunakan pada instansi-instansi resmi dan sudah manjadi tetapan untuk para perusahaan besar dunia.

Fungsi lain dari domain adalah untuk membedakan website kita dengan orang lain karena alamat domain yang kita punya tidak bisa digunakan oleh orang lain. Kecuali anda tidak membayarnya setelah waktu kepemilikan habis, karena biasanya untuk domain waktunya pertahun. Segerahlah anda perpanjang domain anda jika sudah hampir habis masa berlakunya karena akan sulit dalam memperpanjang apabila terlambat, bahkan kemungkinan diambil oleh orang lain juga akan ada. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa domain adalah sebuah alamat untuk menarik seorang pelanggan atau penjelajah internet untuk selalu datang dan berinteraksi dengan kita secara online lewat website yang kita miliki daripada pergi ke deretan alamat IP yang tentu saja sulit di ingat. Nah teman, sedemikian rupa beberapa gambaran tentang apa itu Domain dan Hosting. Bila anda masih menyimpan tanya, jangan takut untuk post di coment bawah ini.


Contoh Video untuk Hosting dan Domain :

Hadi Yanuar

About Hadi Yanuar -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :