Like us on Facebook

Selasa, 11 Mei 2010

Hadi Yanuar

Tips dalam membuat Website

Sebelum mengenal lebih jauh apa itu website. Sebaiknya kalian mengenal dahulu Tips dalam pembuatannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dan lebih enjoy lagi

Mendesain sebuah web/situs itu sama halnya dengan mendesain user interface sebuah aplikasi/software, ya karena web itu khan sebenarnya termasuk sebuah aplikasi juga…

Nah, desain dari web ataupun aplikasi-aplikasi yang lain itu sebenernya fungsinya itu untuk mempermudah user dalam menggunakan aplikasi/web tersebut.

Sebagus apapun tampilan grafis desainnya, tapi kalau tampilan-tampilan yang bagus itu malah mengganggu/membuat user tidak nyaman atau bahkan menyulitkan user dalam menggunakan web tersebut, maka desain tersebut bisa dikatakan kurang layak untuk web tersebut.

Ini ada sedikit saran untuk kamu yang ingin mendesain sebuah web.

1. Kamu harus mengetahui apa aja kira-kira isi dan juga tema dari web yang akan kamu desain itu. Hal ini dapat membantu kamu ketika melakukan pemilihan warna, background, icon-icon, apa aja kira-kira yang akan diletakkan di halaman home dari web tersebut dll. Karena desain dari sebuah web itu harus mencerminkan isi/tema dari web tersebut.
2. Ketahuilah tujuan/goal diciptakannya web tersebut. Setiap situs yang dibuat pasti memiliki tujuan tertentu, tujuan/goalnya itu biasanya menyuruh user untuk melakukan sesuatu,nah desain yang kamu buat itu harus mendukung tercapainya tujuan atau goal tersebut.
3. Setelah mengetahui goal dari website tersebut, kamu juga harus mengetahuilah karakteristik,sifat-sifat ataupun kebiasaan user yang kira-kira akan menggunakan / mengakses web yang akan kamu desain. Terapkan hal tersebut di desain web kamu.
4. Jangan memampilkan semua fungsionalitas yang ada. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan, membuat bingung dan juga memecah konsentrasi user, jadinya malah user tidak melakukan sesuatu yang sesuai dengan goal dari web tersebut. Tampilkan yang penting-penting aja dan yang sesuai dengan tujuan utama dari web itu.
5. Menu-menu yang penting hendaknya di taruh di atas aja, biar langsung keliatan sama usernya.
6. Hindari scrolling ke samping, kalau ada scrolling bagusnya yang vertikal dan juga sebaiknya menu ataupun navigasi yang penting jangan ikut ter-scrolling.

Apa lagi ya…. Itu dulu ya, klo ada yang ingin menambahkan silahkan saja…

Hadi Yanuar

About Hadi Yanuar -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :